Sabtu, 30 Juni 2012

Psikologi Umum

Psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan. Dalam mempelajari psikologi membutuhkan waktu yang relatif lama,karenapsikologi merupakan cabang dari filsafat. Dahulu psikologi mempelajari mind (pikiran) tetapi lama-lama kata mind berubah menjadi behavior (tingkah laku). Ini karena kata mind bersifat abstrak jadi sukar untuk dipelajari. Sedangkan apabila mempelajari tingkah laku manusia lebih mudah karena dapat diamati dengan menggunakan indra kita. Tetapi perlu diketahui bahwa sesungguhnya mnusia itu hanya diberi pengetahuan sedikit saja tentang jiwa seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an, bahwa manusia hanya diberikan sedikit saja pengetahuan tentang jiwa edangkan selebihnya itu urusan Allah SWT.
Banyak sekali terdapat definisi tentang psikologi. Dengan begitu banyak pula terdapat perbedaan dikalangan para ahli mengenai psikologi. Kita tidak akan menjelaskan semuanya itu, tetapi disini kami akanmembahas definisi yang masih digunakan sampai sekarang antara lain:
a. Definisi Etimologi
Definisi yang dipakai dengan cara memberikan asal usul suatu kata, tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa istilah ituhanya mengandung pengertianyang ada sekarang saja.
b. Definisi Sinonim
Definisi ini menggunakan sinonim, karena sinonim memberikan bantuan terbesar dalam pembuatannya.
c. Definisi Uraian
Definisi ini menguraikan segala sesuatudengan menjelaskanciri-ciri dan bagian-bagiannya satu persatu. Definisi ini digunakan untuk membatasi pengertian suatu istilah dengan membedakan genusnya (kelasnya) dan mengadakan diferensiasi. Tujuannya adalah untuk member pengertian yang membedakan genus dan menyebut diferensiasi suatu kata.
Ternyata di dalam membuat suatu perumusan definisi terdapat beberapa kesalahan. Kesalahan itu diantaranya:
•Overindusion yaitu Suatu kesalahn dapat terjadi karena definisi itu dirumuskan terlalu teliti.
•Ovverrestriction yaitu Kesalahan ini terjadi karena pembatasan yang terlalu sempit.Contohnya : kerajaan adalah bentuk Negara dengan kepala Negara di dasarkan pada keturunan raja .tetapi ini definisi yang salah.karena tidak selalu kepala Negara berdasarkan pada keturunan ada juga yang berdasarkan pada kekerasan akibat peperangan penunjukan atau pemilihan.
•Duplication. Kesalahan ini terjadi karena mudah penggunaannya. Contohnya : buku adalah kitab.
•Circularity. Kesalahan penggunaan dari definiendum ( yang dijelaskan ) dalam definiens ( yang menjelaskan). Biasanya kesalahan ini terjadi dalam kalimat bersusun bukan kalimat tunggal .
•Ambiguity. Penjelasan yang di barikan dalam kalimat samar-samar atau tidak jelas . Kesalahan ini terjadi pada kalimat-kalimat yang panjang , ini dikarenakan pemikiran yag kurang teratur.
•Obscurity. Kesalahan ini terjadi karena definisi yang di buat tidak jelas.
Di atas sudah di jelaskan kesalahan-kesalahan yang ada di dalam pembuatan definisi, agar kita dapat memperbaiki kesalahan – kesalahan itu maka ada beberapa persyaratan yang bisa di lakukan agar dapat membuat definisi yang baik. Mrnurut Bakry dan Mehraada 4 syarat yaitu:
1.Definisi tidak boleh terlalu luas ataupun terlalu sempit.
2.Tidak boleh samar-samar dan hrus jelas penjelasannya.
3.Tidak menggunakan istilah yang terlalu umum
4.Tidak menggunakan kata negative.

Website :  http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/31/artikel-psikologi-umum/
Tanggal : 30-06-2012

1 komentar:

  1. micro hair trimmer - T-Mobile Apparel Store
    Shop for the latest Micro Hair titanium drill bits trimmer. By T-Mobile. $4.99. Quantity: 1 suunto 9 baro titanium Brand: T-Mobile remmington titanium · T-Mobile Apparel. Rating: 4.2 titanium nail · ‎2 votes · ‎$4.99 · ‎In stock titanium daith jewelry

    BalasHapus